Tuesday, January 19, 2021
Home > Gaya Hidup > Pesantren Al Wafi Mengirim Santri Untuk Diklat Bela Negara 2018

Pesantren Al Wafi Mengirim Santri Untuk Diklat Bela Negara 2018

TSIQOHNEWS.COM – Pesantren Islam Al Wafi mengirimkan sebanyak 13 kader untuk mengikuti pelatihan bela negara. Mereka akan dilatih di Bumi Perkemahan Buperta Cibubur, Jakarta Timur.

“Kita kirim sebanyak 13 kader pemuda ikut pelatihan bela negara. Mereka akan mendapatkan pendidikan selama tiga hari di buperta,” ujar Pengasuh Pesantren Al Wafi Ustadz Ali Saman Hasan , Jumat (18/3/2018).

 Menurutnya, program bela negara merupakan bagian dari semangat yang terkandung dalam pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2002. Pengiriman kader bela negara dilakukan sesuai dengan surat Kementerian Pertahanan tentang pembentukkan kader pembina bela negara.

Adapun tujuan ikut pelatihan bela negara, kata Ali Saman, guna mewujudkan kesadaran cinta tanah air dan rela berkorban demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan nilai-nilai islam.

“Kader yang yang ikut pelatihan bela negara terdiri dari pemuda muslim, anggota ormas islam, santri, dan tim pengamanan kajian islam,” ucapnya.

Ali Saman menambahkan, program bela negara bukanlah wajib militer atau usaha membela negara secara fisik. Namun, merupakan upaya mewujudkan kesadaran cinta tanah air dan membuka wawasan untuk melatih disiplin.

Diantara tujuan terselenggaranya diklat ini juga untuk menyiapkan kader-kader pengamanan untuk kegiatan dan pengajian islam di indonesia yang akhir-akhir ini marak terjadi pengerusakan dan teror penganiayaan terhadap ustadz.

Dia berharap pembentukan kader pembina kali ini memiliki kemampuan awal bela negara baik fisik maupun psikis untuk menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

“Diharapkan para kader yang sudah ikut pelatihan dapat menularkan ilmunya kepada masyarakat untuk mencintai tanah air, sekaligus memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan sesuai nilai-nilai islam,” katanya.

Husni/Tsiqohnews

Moch Khusniyanto
Pemilik Tsiqohnews.com dan Pendiri Komunitas Sahabat Tsiqoh.
http://sahabattsiqoh.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *