Monday, October 14, 2019
Home > Gaya Hidup > Rama Akira, Penyandang Autis Kini Menjadi Pemuda Penghafal Al Quran 30 Juz Mutqin

Rama Akira, Penyandang Autis Kini Menjadi Pemuda Penghafal Al Quran 30 Juz Mutqin

Pemuda laki-laki berbadan kurus dengan tatapan mata unik yang khas di tengah panggung sebuah acara Haflah Akhirussanah di lembaga pendidikan islam pesantren. Bergerak aktif dan tidak suka tinggal diam. Sehari-hari di pesantren kerap dekat dengan adik-adik kelas dengan berbagi ilmu hingga membantu menyelesaikan tugas adik-adik kelasnya. Terlihat tatapan serius setiap berkomunikasi.

Di kesempatan acara Haflah Akhirussanah 2019 Pesantren Al Wafi tempat Rama Akira mondok, Ustadz Ali Saman Hasan pembina Pesantren Al Wafi menyerahkan penghargaan simbolis dan uang tunai 5juta rupiah langsung kepada Rama Akira karena telah menyelesaikan hafalan Al Quran 30 Juz dengan mutqin dan telah duji oleh para Masyaikh dari Madinah Saudi Arabia.

Namun dibalik keberhasilan Rama Akira dalam menghafal Al Quran dan mendapat penghargaan pertama kali dari Pesantren tempat ia mondok, ternyata ada cerita perjuangan suka duka yang telah banyak dijalani oleh Bundanya.

Menurut penuturan ibunya, Rama Akira lahir pada saat ibunya berhenti bekerja dengan kondisi krisis moneter dan sampai usia 2 tahun Rama Akira tidak dapat berbicara namun cenderung sangat aktif dan tidak dapat fokus dengan satu hal, setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis dan hasil diagonosa menyimpulkan ternyata Rama Akira mengidap kelainan “Autisme” .

Ibunya terus berusaha mengulang terapi sendiri dengan apa yang telah dilihat selama terapi di beberapa tempat terapi, dengan mendengarkan ayat suci al quran dan mengajak untuk belajar membaca huruf hijaiyah dan syair islam.

Rama Akira mendapat pendidikan al quran pertama kali oleh ibunya secara kontinyu meski dengan kondisinya tidak seperti anak lainya, namun hal itu tidak membuat ibu Rama Akira menyerah hingga pada 24 Mei 2019 di Acara Haflah Akhirussanah Pesantren Al Wafi, Ibu Rama Akira bak mendapatkan kegembiraan yang luar biasa, bahagia putera nya telah berhasil menghafal Al Quran 30 Juz dengan Mutqin.

Selain itu, Rama Akira kini juga telah diterima di salah satu Universitas favorit di Dubai namun ingin mempertimbangkan terlebih dulu dengan berusaha mendaftarkan diri di Universitas Islam Madinah Saudi Arabia.

“Saya hanya ibu biasa bukan apa-apa, semuanya karena Allah subhana wata’ala”, Ujar Evy Ibu Rama Akira.

HSN/TSQH



Moch Khusniyanto
Pemilik Tsiqohnews.com dan Pendiri Komunitas Sahabat Tsiqoh.
http://sahabattsiqoh.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *